Renstra Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Universitas PGRI Kalimantan (UPK) merupakan arahan kebijakan dan pengambilan keputusan dalam pengelolaan PKM UPK dalam jangka waktu 5 tahun. Arahan kebijakan dalam pengelolaan PKM ditetapkan oleh Senat UPK, sedangkan pengambilan keputusan dalam pengelolaan PKM UPK dilakukan oleh Rektor. LPPMP sendiri merupakan unit pelaksana Keputusan Rektor UPK dibidang penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta publikasi.
Sebagaimana yang telah dipaparkan pada bagian awal bahwa UPK sendiri memiliki dua fakultas dengan sebelas program studi dimana terdapat tujuh, program studi yang sudah terakreditasi dan empat program studi baru yang belum terakreditasi seiring dengan perubahan bentuk STKIP PGRI Banjarmasin menjadi Universitas PGRI Kalimantan (UPK) pada bulan Oktober 2023. Adapun PKM unggulan yang ada di UPK merupakan bidang-bidang yang menjadi fokus/perhatian utama yang perlu dikerjakan oleh dosen sebagai salah satu tri dharma perguruan tinggi. Terdapat tiga bidang-bidang unggulan PKM UPK yaitu:
- Pemberdayaan masyarakat bidang sosial humaniora, seni budaya, dan pendidikan
- Pemberdayaan masyarakat untuk pengembangan serta penerapan teknologi informasi dan komunikasi
- Pemberdayaan masyarakat bidang sains lingkungan berbasis kearifan lokal
Peta jalan/road map PKM UPK juga telah ditetapkan dengan penetapan capaian per periode lima tahun. Capaian periode pertama adalah PKM yang memberikan dampak secara lokal dan regional Kalimantan Selatan pada tahun 2024-2028. Adapun capaian berikutnya adalah PKM yang memberikan dampak secara nasional pada tahun 2029-2033 dan PKM yang memberikan dampak secara internasional pada tahun 2034-2038.
Topik Unggulan PKM di UPK Tahun 2024-2028
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BIDANG SOSIAL HUMANIORA, SENI BUDAYA, DAN PENDIDIKAN
No | Topik PKM yang Diperlukan |
1 | Budaya lokal dan/atau budaya nasional sebagai media pendidikan |
2 | Literasi dan numerasi |
3 | Revitalisasi budaya lokal, transformasi kearifan lokal, dan multikulturalisme |
4 | Pemahaman lintas budaya (cross cultural understanding) |
5 | Peningkatan mutu pendidikan dan pembelajaran |
6 | Penguatan aspek-aspek pendidikan dan pembelajaran (strategi pembelajaran, bahan ajar, kurikulum, media pembelajaran, evaluasi, proses pembelajaran, dan sejenisnya) |
7 | Enterpreneurship/kewirausahaan |
8 | Penguatan regulasi dan pendayagunaan ekonomi kreatif |
9 | Koperasi dan UMKM |
10 | Pengembangan kewirausahaan di bidang barang dan jasa |
11 | Pengembangan kepariwisataan berbasis ekonomi, lingkungan, dan budaya masyarakat |
12 | Kesenian nasional dan daerah (seni tari, seni musik, seni pertunjukan, dan sejenisnya) |
13 | Penguatan sastra nasional dan daerah |
14 | Penggunaan bahasa lokal, bahasa nasional, atau bahasa asing di masyarakat |
15 | Pemanfaatan potensi SDA di Kalimantan untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat di bidang sosial humaniora, seni budaya, dan pendidikan |
16 | Teknologi pendidikan dan pembelajaran |
17 | Sumber daya pendidikan (tenaga pendidik dan kependidikan) |
18 | Pengembangan ekowisata |
19 | Topik relevan lainnya sesuai bidang |
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK PENGEMBANGAN SERTA PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
No | Topik PKM yang Diperlukan |
1 | Pengembangan dan aplikasi teknologi tepat guna |
2 | Pengembangan dan penerapan sistem informasi manajemen bagi lembaga masyarakat |
3 | Penggunaan internet di masyarakat |
4 | Penerapan teknologi ramah lingkungan di masyarakat |
5 | Penggunaan TIK di masyarakat |
6 | Peningkatan kemampuan dan kualitas SDM dalam pengembangan teknologi |
7 | Pengembangan dan penerapan media komunikasi di masyarakat |
8 | Pendidikan berbasis IT |
9 | Edukasi kepada masyarakat di bidang TIK |
10 | Pemberdayaan masyarakat lainnya di bidang TIK |
11 | Topik relevan lainnya sesuai bidang |
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BIDANG SAINS LINGKUNGAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL
No | Topik PKM yang Diperlukan |
1 | Ekosistem lingkungan dan SDA |
2 | Konservasi lingkungan dan SDA |
3 | Kerusakan lingkungan dan SDA |
4 | Biodiversitas dan ekologi lahan gambut di Kalimantan |
5 | Penduduk Kalimantan dan lingkungannya |
6 | Penggunaan IT di bidang lingkungan |
7 | Analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) |
8 | Edukasi kepada masyarakat di bidang lingkungan |
9 | Pemberdayaan masyarakat bidang sains lingkungan berbasis kearifan lokal lainnya |
10 | Topik relevan lainnya sesuai bidang |